Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh MATERI KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MALAM MINGGU (PERSAMI) Pramuka I Wide Game


MATERI KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU MALAM MINGGU (PERSAMI)
DALAM RANGKA HARI ULANG TAHUN PRAMUKA KE-55
GUGUS 03 DESA PANDEAN KECAMATAN KARANGANYAR
TAHUN 2016

NO
KOMPETENSI DASAR/ MATERI KEGIATAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
ALAT KEGIATAN
PENILAIAN
WAKTU PELAKSANAAN
A
Kemampuan memiliki Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

1
Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
Hafal bacaan pokok dalam ibadah
Kartu undian judul bacaan ibadah yang sesuai
Islam
1.      Syahadat
2.      Rukun iman
3.      Rukun Islam
4.      Bacaan niat Wudlu
5.      Surat A1-Fatikah
6.      Bacaan surat pendek A1-Ashr
7.      Bacaan surat pendek Al-lkhlas
8.      Bacaan surat pendek An-Nas
9.      Bacaan surat pendek A1-Falaq
-          Hafal dan lancar        10
-          Hafal tidak lancar       5
-          Tidak berbunyi           0
Wide Game
B
Kemampuan menunjukkan sikap kuat mental, emosional, tinggi moral, kepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur
Sesudah Upacara Pembukaan
2
Bersaudara, setia kawan/ permainan besar siaga
Peserta perorangan mencari 8 orang teman lain barung, lain Gugusdepan waktu 1 menit
Alat : warna, huruf, gambar, dsb disesuaikan kemamapuan
Anggota barung yang berbentuk barisan selanjutnya melaporkan pada petugas
3
Yel-yel
Setiap Barung dipanggil secara bergiliran untuk menampilkan Yell-yell dihadapan para peserta perkemahan
Masing-masing barung memeragakan Yell-yell sesuai latihan/tidak diundi
Waktu maksimal 5 menit oleh 8 anak
Isi Yel
Penampilan
Kekompakan
Menarik menyenangkan
Nilai Maksimal
20-25
20-25
20-25
20-25
100
KEGIATAN I
5
Kepribadian (1)
Pengamatan kerapian berpakaian peserta barung
Seragam yang dipakai sesuai keputusan kwartir nasional No. 174 Tahun 2012, kelengkapan tanda lengkap dan benar (satu Regu)
Nilai :
1.      Topi dan tandanya
2.      Baju benar
3.      Rok / celana
4.      Sepatu hitam /Kaus kaki hitam
5.      Setangan leher
6.      Tanda pelantikan
7.      Pandu dunia
8.      TKU dan tanda barung
9.      Badge Jateng /Lokasi
10.  Nama
Nilai maksimal

1
1
1
1

1
1
1
1
1
1
40
Wide Game
6
Kepribadian (2)
Memasangkan atribut seragam pramuka
1.      Tanda Pelantikan
2.      Pandu Dunia
3.      Badge Jateng
4.      TKU
5.      Lokasi
Disiapkan 5 alat peraga/pakaian seragam pramuka dan atributnya
Praktik meletakkan tanda-tanda pramuka yang benar dengan diberi waktu (4 anak)
Kebenaran pemasangan setiap anak, nilai
Nilai Maksimal

10
40
Wide Game
C
Kemampuan berusaha meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan

7
Pengetahuan Umum dan Kepramukaan
Anak mengambil tulisan-tulisan nama orang. selanjutnya mengambil tulisan-tulisan Jabatan. Selanjutnya di jodohkan sesuai dengan hubungan antara dua tulisan, setelah tulisan berjodoh, diletakkan pada tempat yang disediakan untuk dinilai Juri.
-   Disiapkan 7 soal, dan menjodohkan tulisan.
Tulisan yang harus diambil
 Bapak Pandu Dunia
3.    Bapak Presiden Republik Indonesia
4.    Menteri Pendidikan
5.    Gubernur Jawa Timur
6.    Bupati Ngawi
7.    Camat Karanganyar dan Kepala Desa Pandean
Setiap jawaban anak
Benar nilai
Nilai maksimal

10
80
Wide Game
8
Kecerdasan

-          Pengelihatan dan Ingatan
Dilaksanakan oleh 8 anak melihat 20 nama hewan/bunga selama 15 detik dan menulis di lembar jawab yang sudah disediakan dalam waktu  1 menit hewan/bunga/buah yang diingat
Kertas karton ukuran 30X30 cm ditempel 20 jenis buah/bunga/hewan
Kertas karton ukuran 30 x 30 cm di tempel 20 jenis tulisan buah / bunga / hewan / serangga
a.      Buah                                    c.  Serangga
1.    Durian                                    1. Nyamuk
2.    Pepaya                                  2. Lebah
3.    Apel                                       3. Lalat
4.    Pisang                                   4. Kecoa
5.    Jambu                                   5. Capung
b.     Bunga                                  d.  Hewan
1.    Anggrek                                1. Badak
2.    Mawar                                   2. Kera
3.    Bougenfil                               3. Gajah
4.    Melati                                    4. Buaya
5.    Kanthil                                  5.  Kucing
20 jawaban benar
 nilai x 4
Nilai Maksimal
80

80














Wide Game
D
Kemampuan berusaha meningkatkan ketrampilan, ketangkasan dan olahraga

9
Keterampilan

a.      Tali dan Ikatan
4 anak praktik membuat ikatan dan tali masing-masing mengerjakan satu jenis tugas
1.      Simpul Mati
2.      Simpul Pangkal
3.      Simpul Inggris / Kembar
4.      Simpul Anyam
5.      Simpul Jangkar
Tongkat/benda lain, tali pramuka secukupnya
Setiap jawaban anak benar nilai
Nilai maksimal

10
40
Wide Game
10
-          Kereta Bola Basket
Bola plastik diapit punggung dan perut, kedua tangan kesamping, yang paling belakang kedua tangan memegang bola diatas kepala, berjalan dengan jarak 5 m, dan 1.5 m sebelum keranjang basket, bola yang paling belakang di serahkan kepada peserta didepannya melalui atas kepala secara berantai, peserta yang paling depan memasukan bola ke ring basket dengan cara dilempar.
Bola masuk semua dan bola yang diapit tidak jatuh nilai 100.



            1.5 m


            1.5 m
                                            5 m
Alat : Ring Basket diameter 30 cm, tinggi tiang ring 1.5 m, bola palstik 8 buah, ukuran bola 12   ( bola sedang )
Penilaian :
- Jalan 5 m bola tidak jatuh nilai 
- Bola Jatuh 1 ( - 5  )
                    2 ( -10 )
                    3 ( -15 )
      4 atau + 4 (   0  )

- Bola masuk 8 x 10                                            
Nilai maksimal



20






80
100
KEGIATAN I
11
Pentas Seni Budaya (gerak dan
lagu)
a.       Peserta menampilkan gerak dan lagu (iringan lagu daerah)
b.      Jenis penampilan bebas
c.       Peralatan bebas disiapkan peserta
Waktu maks 7 menit
a.      Lirik lagu disiapkan peserta, boleh dari Yahda atau Bunda
b.      Pakaian: Seragam Pramuka
c.       Sepatu/ topi boleh dilepas
d.      Boleh memakai asesoris
Penilaian:
         Kekompakan
         Kreatifitas
         Penampilan
         Harmonisasi
Nilai maksimal

15-20
15-20
15-20
  15-20
80




KEGIATAN II
13.
Patriotisme, Disiplin Pribadi dan Kepemimpinan berupaBaris Berbaris


Yuri  3  Orang
a. Peserta 8 anak / Barung
b. Pemberi aba-aba tidak harus
    Pemimpin Barung
c. Materi gerakan di tempat
    gerakan
    jalan terbatas dan berjalan
* Gerakan Di tempat :
  a) Istirahat di tempat                      
  b) Siap                                               
  c) Lencang kanan                          
  d) Berhitung                 
  e) Jalan di tempat  
* Gerakan jalan terbatas                  
  a) 3 langkah kekanan           
  b) 3 langkah kekiri                         
  c) 3 langkah kedepan                   
  d) 3 kangkah kebelakang

*) BERHITUNG aba-abanya HITUNG - MULAI
   
KEGIATAN I