Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana yang Efektif dan Murah Meriah






Anda sebenarnya dapat dengan mudah mengurangi jumlah nyamuk di area Rumah Anda dengan menggunakan perangkap botol plastik bekas yang akan menarik dan membunuh nyamuk. 

Cairan pada setiap perangkap akan bertahan hingga sekitar dua sampai tiga minggu, dan dapat dengan mudah. Untuk meningkatkan efektivitas, letakkan beberapa perangkap nyamuk di sekitar rumah Anda.


Bahan Yang Dibutuhkan:
  • Botol plastik kosong berukuran 2L
  • Spidol atau pena
  • Cutter
  • Meteran
  • 1/4 cangkir gula cokelat
  • 1-1 1/3 cangkir air panas 
  • 1 gram ragi
  • Gelas pengukur
  • Isolasi (Anda dapat menggunakan isolasi jenis lakban, scotch, atau elektrik

Langkah-Langkah Pembuatan :
1. Tandai bagian tengah botol plastik. 
    Sekitar 10 cm dari tutup botol berukuran 2L merupakan area tengah botol. 
    Anda dapat menggunakan penggaris atau meteran untuk menentukan area tengah botol.
    • Tarik meteran sepanjang 10 cm.
    • Pegang bagian ujung meteran hingga ujung tutup botol.
    • Gunakan pena untuk menandai area pada ujung meteran; 10 cm.
    Gambar ingkaran mengelilingi botol pada titik 10 cm dari tutup. Anda akan memotong botol plastik menjadi setengah bagian. Pengukuran ini tidak perlu tepat, namun dengan menggambarkan sebuah garis panduan akan dapat membantu Anda. Gunakan tanda yang Anda gambar sebelumnya sebagai panduan, gambar lingkaran mengelilingi botol pada titik 10 cm dari tutup. Garis ini akan memandu Anda memotong botol menjadi setengah bagian. Potong botol plastik menjadi setengah bagian. Potong dengan hati-hati mengikuti garis panduan yang telah Anda tandai sebelumnya hingga botol menjadi dua bagian. Simpan kedua bagian botol; Anda akan menggunakan keduanya untuk membuat perangkap.
Takar 1/4 cangkir gula cokelat. Gunakan gelas pengukur untuk menakar 1/4 cangkir gula cokelat. Biarkan gula di dalam gelas pengukur; Anda akan menuangkannya ke dalam botol pada langkah selanjutnya.


Panaskan 1-1 1/3 cangkir air panas. Anda dapat memanaskan air di atas kompor atau di dalam microwave, yang mana lebih mudah. Ketika air mulai menguap, maka air sudah cukup panas untuk digunakan pada perangkap.


Tuangkan gula cokelat ke dalam botol bagian bawah. Tuangkan gula cokelat secara hati-hati dari gelas pengukur ke dalam botol bagian bawah. Cobalah agar gula tidak tumpah ke atas tepi-tepi botol. Sisihkan gelas pengukur setelah Anda mengosongkannya.

Tuangkan air panas ke dalam botol bagian bawah. Tuangkan air secara perlahan; karena air tersebut panas, usahakan agar air tidak terpercik karena dapat melukai Anda.

Biarkan campuran menjadi dingin. Sisihkan botol sementara hingga campuran air menjadi dingin. Dua puluh menit merupakan waktu yang cukup.


Tambahkan 1 gr ragi ke dalam botol plastik. Anda tidak perlu mengaduk campuran. Ragi akan mengonsumsi gula dan menghasilkan karbon dioksida, yang akan menarik nyamuk.

Pegang setengah potongan botol bagian atas secara terbalik. Pada tahap ini, tutup botol akan menghadap ke bawah. Ketika Anda memegang setengah botol bagian atas secara terbalik, pegang setengah botol bagian bawah dengan tangan Anda yang lainnya.

Letakkan botol bagian atas secara terbalik ke dalam botol bagian bawah.[4]Tekan bagian puncak botol ke dalam secara perlahan hingga potongan tepi sejajar. Pastikan bagian puncak botol di atas garis air.
  • Nyamuk dewasa akan memiliki cukup ruang untuk terbang ke dalam botol dan ke bawah tutup.
  • Jika tidak ada cukup ruang agar nyamuk dapat terbang di dalam botol, keluarkan sedikit larutan yang berada di dalam botol.
  • Sekarang, serangga-serangga dapat terbang ke dalam perangkap dan mati karena lemas atau kelaparan.
Kuatkan bagian tepi dengan isolasi. Gunakan isolasi untuk menjaga bagian tepi agar tetap sejajar. Beberapa potongan isolasi yang diletakkan mengelilingi botol akan cukup untuk menjaga bagian tepi tetap pada posisinya.


Letakkan perangkap pada permukaan yang kuat di dekat nyamuk. Jika terdapat ruang atau area yang dipenuhi nyamuk, letakkan perangkap disana. Permukaan yang kuat merupakan permukaan yang paling baik, seperti meja tulis, counter, atau lantai. Jangan meletakkan perangkap di area yang dilalui orang agar perangkap tidak tertendang.

Perhatikan ketika botol telah penuh dengan serangga yang mati atau tidak efektif. Pada akhirnya, banyak nyamuk yang akan mati di dalam botol, dan Anda perlu membersihkan perangkap tersebut agar dapat digunakan secara efektif lagi. Bahkan jika tidak terdapat banyak nyamuk, pada akhirnya cairan di dalam perangkap akan kehilangan efektivitasnya karena semua ragi telah habis mengonsumsi gula dan tidak lagi dapat menarik nyamuk; banyak sumber yang menyatakan cairan akan bertahan hingga dua minggu.
  • Gunakan kalender untuk mengamati kapan Anda perlu mengganti cairan.
  • Ganti cairan ketika botol telah penuh dengan serangga, bahkan jika belum sampai dua minggu.
Ganti larutan ragi dan gula jika diperlukan. Beruntungnya, perangkap nyamuk ini dapat digunakan berulang kali! Bongkar perangkap dengan melepaskan isolasi. Kemudian, cuci kedua bagian botol perangkap dengan membilasnya dengan air. Kemudian, isi kembali dengan cairan perangkap nyamuk.